TEKNIK PEMBESARAN IKAN NILA DI KOLAM TANAH

data | 10:23 PM | 1 comments

  
  1. Persiapan Kolam
  1.  Sebelum kolam digunakan sebaiknya dikeringkan supaya bibit-bibit penyakit dan hama di dalam kolam mati, lama pengeringan tergantung cuaca sampai dasar kolam retak-retak.
  2. pengapuran  menggunakan kapur tohor untuk meningkatkan pH tanah dengan dosis 25-50 gr/m2 
  3. pemupukan dilakukan untuk menyuburkan air sehingga pakan alami tumbuh menggunakan pupuk kandang dengan dosis 250-500 gr/m2 ,  pupuk urea 15 gr/m2 dan TSP 10gr/m2
  4. Pemasukan air dilakukan bertahap, pertama 10 cm biarkan 4 hari, selanjutnya isi sampai 50-75 cm

    2. Penebaran Benih
  1. Penebaran benih dilakukan sebaiknya pada pagi atau sore hari untuk menghindari ikan stress. 
  2. Padat tebar benih ukuran 5-8 cm adalah 10-15 ekor/m2 dan ukuran 8-12 cm adalah 5-10 ekor/m2
  3. Wadah plastik pengangkutan diapungkan diatas air kolam selama 10-15 menit untuk adaptasi suhu air, kemudian dibuka dan sedikit demi sedikit dicampur air kolam sehingga benih keluar dengan sendirinya.

     3. Pemeliharaan
  1. Pemberian pakan berupa pellet diberikan 3 kali sehari dengan dosisi 3-5% dari bobot total ikan per hari. 
  2. untuk mengetahui bobot ikan dilakukan sampling secara rutin seminggu sekali
  3. Pengecekan dilakukan setiap hari terhadap hama predator ikan dan kebocoran kolam.
  4. Masa pemeliharaan sekitar 3-5 bulan

     4. Pemanenan
  1. Ukuran ikan nila siap panen adalah 200-300gr/ekor atau 4-5 ekor/kg 
  2. Waktu panen sebaiknya pagi atau sore hari untuk menghindari ikan stress.
  3. panen dilakukan dengan mengeluarkan air dari pintu pembuangan, sedangkan ikan yang berkumpul diserok dan dimasukkan dalam wadah penampungan sementara yang dialiri air bersih.
  4. Pengangkutan hasil panen dilakukan menggunakan drum terbuka atau plastik tebal yang diisi oksigen.

sumber: http://penyuluhperikanan.com

Category:

1 Comments
Tweets
Comments

1 comment:

  1. Assalamualaikum Wr. Wb

    Email:::(aditya.aulia139@gmail.com)
    (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    ReplyDelete